Tentang Sipamandar
Sipamandar adalah akronim dari Sistem Informasi Pencairan Dana dan Penataan Arsip Perbendaharaan. Aplikasi ini diimplementasikan untuk membantu proses pencairan dana (SP2D). Aplikasi ini diperuntukkan untuk membantu OPD dalam memproses pengajuan pencairan dana (SP2D) dengan cara yang lebih efisien waktu dan efektif. Melalui aplikasi sipamandar OPD mendapat kepastian dalam setiap proses. OPD juga bisa memantau perkembangan proses pencairan SP2D.
Pada sisi penggunna BPKPD aplikasi ini akan membantu dalam menginventarisir proses pencairan SP2D. Melalui aplikasi ini dokumen pendukung juga sekaligus diarsipkan dalam folder file. Hal ini dapat memudahkan pengguna baik pengguna OPD dan pengguna BPKPD dalam melakukan pencairan berkas SP2D.
Aplikasi sipamandar juga menyediakan hak akses untuk auditor. Auditor dapat melakukan pemeriksaan lebih mudah terhadap dokumen pendukung SP2D dengan cepat dan mudah.
Seluruh proses pada aplikasi sipamandar dapat meminimalisir kontak antar stakeholder sehingga dapat meminimalisir paraktik-praktik diluar prosedur yang telah ditentukan.
Sasaran pengguna aplikasi sipamandar adalah semua OPD Lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat yang melaksanakan proses pengajuan pencairan SP2D. Selain itu BPKPD selaku pengelola aplikasi secara aktif sebagai pengguna untuk yang memproses pengajuan SP2D dari OPD. Auditor juga mendapatkan hak akses untuk mendapatkan informasi maupun data SP2D yang terproses.
Penggunaan aplikasi Sipamandar ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi waktu, dan efektiifitas proses pencairan SP2D. Aplikasi ini juga meningkatkan transparansi transaski proses pencairan SP2D. Dengan Aplikasi kepastian proses SP2D dapat ditingkatkan karena proses pencairan SP2D akan melalui tahapan yang pasti dan sama tiap-tiap OPD. Selain itu melalui aplikasi ini diharapkan kinerja pelayanan Pencairan SP2D pada BPKPD pada umummnya dan pada Bidang Perbendaharaan pada khususnya dapat terukur secara pasti.
Mannfaat yang didapatkan dari penggunaan aplikasi sipamandar adalah pemantauan, pengorganisasian, dan evaluasi menyeluruh terhadap proses pencairan SP2D. Selain itu dokumen pencairan SP2D dapat diarsipkan dengan baik dan mudah untuk diakses kembali.
Sasaran Pengguna,Tujuan dan Manfaat
Sasaran Pengguna
Penggunaan aplikasi Sipamandar pada dasarnya untuk seluruh pihak internal maupun pihak eksternal yang terkait dengan proses pengajuan pencairan dana SP2D diantaranya:
- Semua OPD yang melakukan proses pencairan dana;
- Semua staf Bidang Perbendaharaan yang menangani proses pencairan dana SP2D;
- Auditor
Tujuan
Adapun tujuan dari penggunaan aplikasi tersebut adalah:
- Efisiensi dan efektifitas proses pengajuan SP2D;
- Transparansi proses pencairan SP2D;
- Kepastian proses pengajuan SP2D;
- Mengukur Kinerja Bidang Perbendaharaan.
Manfaat
Manfaat yang diperoleh dari penerapan Sipamandar diantaranya:
- Pemantauan kinerja proses pencairan SP2D;
- Pengarsipan berkas SP2D;
- Mengurangi tatap muka dalam proses pencairan SP2D;
- Pada masa pandemi, seluruh proses pencairan dana tetap bisa berlangsung tanpa kendala;






